Maraknya Situs Musik Online, Industri Musik Merugi?

Uncategorized

Musik merupakan salah satu kebutuhan sebagai sarana hiburan dari sebagian masyarakat Indonesia hingga dunia. Mendengarkan musik merupakan salah satu cara paling mudah untuk mengurangi stres, mengalihkan kepenatan dan rasa jenuh, membuat perasaan menjadi lebih baik dan sebagainya. Tak heran jika kemudian pertumbuhan industri musik baik di Indonesia maupun di seluruh dunia makin berkembang dengan pesat seiring berjalannya waktu karena penikmat musik pun kian bertambah.

Cara orang mendengarkan musik khususnya sambil bermain agen Sbobet terus mengalami perkembangan dan perubahan dari waktu ke waktu. Sekitar puluhan tahun yang lalu orang menggunakan piringan musik yang diputar menggunakan alat khusus yang bernama gramophone. Kemudian Seiring berjalannya waktu, kebiasaan orang dan caranya mendengarkan musik mulai berubah khususnya media yang digunakan beberapa tahun setelah masa kejayaan dari alat yang bernama gramophone. Banyak orang mulai beralih ke radio untuk mendengarkan musik serta berita. Karena pada zaman itu radio merupakan media yang paling canggih yang ada.

Dan setelah Masa radio media yang digunakan untuk memutar musik terus dan terus berkembang dari waktu ke waktu hingga ke masa serba canggih seperti sekarang ini. Sekarang, bahkan jarang sekali orang yang masih menndengarkan musik dari vcd atau DVD player. Zaman semakin canggih namun musuh dari industry musik tetap Sama, yaitu adanya pembajakan. Bahkan, di zaman yang segala sesuatunya serba canggih ini praktek pembajakan kian marak.

Salah satunya adalah yang kini tengah menjamur, yaitu munculnya berbagai situs online yang menyediakan berbagai lagu terbaru dan terpopuler yang dapat diunduh dan diakses dengan mudah Kapan saja dan oleh siapa saja secara ilegal tentunya. Kemunculan dari Situs – Situs musik online ilegal ini tentu saja meresahkan pihak Industri musik. Karena, dengan maraknya versi bajakan yang beredar, Salah satu pihak yang paling Merugi adalah industry musik.

Bahkan, dilaporkan bahwa beberapa tahun belakangan, pihak Industri musik dan musisi mengalami kerugian hingga triliunan rupiah yang disebabkan oleh adanya praktek pembajakan musik ini. Jika hal ini terus dibiarkan, bukan tidak mungkin beberapa dari musisi yang disukai oleh masyarakat mengalami bangkrut hingga gulung tikar. Untuk itu, banyak Industri musik – khususnya di Indonesia tengah gencar – gencarnya menyuarakan kampanye penolakan aksi pembajakan yang marak dilakukan di Indonesia.

Tidak hanya itu, beberapa Industri musik juga mendesak Kemenkominfo untuk memblokir situs – Situs musik online yang ilegal tersebut. Meski untuk memberantas secara tuntas akan sangat sulit untuk dilakukan, dengan cara seperti ini diharapkan masyarakat akan menyadari penting nya untuk membeli lagu secara legal, baik secara online, maupun secara langsung – demi berlangsung nya masa depan musik di Indonesia ysng lebih baik lagi.

Leave a Reply